Produk SISTEM APLIKASI BAZNAS

Dalam operasional harian, Lembaga BAZNAS setingkat Kabupaten akan selalu mengelola data. Data primer yang ditangani dalam dua kelompok besar adalah Data Muzaki dan Data Mustahik. Data Mustahik tidak kalah rumit dan kompleks jika hendak dikelola dengan cara manual. Sistem ini akan membantu BAZNAS dalam mengelola data tersebut.

Sebagai lembaga sebesar dan kompleks seperti BAZNAS, tentunya Manajemen BAZNAS ingin mengetahui secara detail, berapa proposal mustahik yang masuk, berapa proposal yang ditolak, berapa proposal yang diproses untuk di approval, berapa proposal yang direalisasikan, berapa mustahik yang benar-benar layak untuk dibantu, dan berapa prosentasi antara zakat dan infaq dalam pendistribusian yang telah dilakukan, bagaimana jumlah muzaki terdistribusi di kecamatan dan wilayah, bagaimana UPZ mengajukan proposal dan berapa kuota nya dalam rupiah?

Semua ini harus ditangani dengan urut dan berjenjang, sehingga proses bisa dipantau dan di monitor, serta bisa didapatkan informasi valid dengan segera.

Jika semua proses ini dikerjakan dengan menggunakan pengelolaan data semisal word dan excel (dalam office document), tentu sangat tidak praktis dan efisien. Yang pada akhirnya akan membuat pekerjaan menjadi lama dan tidak efisien. Karena memang pengelolaan dengan menggunakan file excel maupun word memiliki banyak keterbatasan. Keterbatasan tersebut antara lain: tidak memiliki database terpadu, proses update dan monitoring sulit dilakukan, tidak mudah untuk saling berkoordinasi, jika file ada yang hilang maka semua proses akan ikut hilang.

Untuk bisa saling berkoordinasi, mengelola data supaya bisa berkesinambungan dan terintegrasi maka  dibutuhkan Sistem Informasi sehingga proses di Aplikasi tersebut nantinya adalah:
1. Ada pihak yang melakukan Input Proposal yang dilakukan oleh admin Aplikasi
2. Proposal nantinya akan di Disposisi untuk ditindaklanjuti oleh pejabat yang berwenang, dan ini dilakukan oleh pejabat yang bersangkutan
3. Hanya proposal yang hendak ditindaklanjuti saja yang bisa diproses untuk dilakukan Asessmen, dimana Asessmen akan dilakukan oleh Relawan (LAB)
4. Asessmen dilakukan oleh orang yang sudah dipercaya untuk melakukan Asessmen dan akan memberikan informasi tambahan dari hasil Asessmen tersebut
5. Data Asessmen akan dijadikan acuan dalam mengambil keputusan untuk diproses ke tahap berikutnya yaitu Proses Approval
6. Selanjutnya setelah di Approval maka dilanjutkan dengan Proses Realisasi

Sehingga proses dari rangkaian aktivitas dari mulai Pengajuan Proposal, Disposisi, Asessmen, Approval dan Realisasi menjadi sebuah proses yang berkesinambungan yang bisa dipantau dan dikerjakan oleh masing-masing bagian, sehingga bisa menghasilkan laporan yang valid.

Tidak hanya itu, dokumen pendukung juga disiapkan oleh aplikasi, sehingga dari aplikasi bisa untuk membuat surat tugas, Laporan Hasil Asessmen, Laporan Distribusi dan laporan yang lainnya.

Semua data yang dibutuhkan untuk pelaporan maupun rekap bisa diambil dan tersedia di aplikasi, dan bisa di download dari aplikasi secara langsung dengan format excel maupun pdf.

Informasi lebih lanjut hubungi kami di:
email : info@berliansolusi.co.id
WA : 085846180699

Produk Lainnya

SISTEM PENGARSIPAN SURAT (SIPAS)

Sistem Aplikasi lengkap yang akan menangani berbagai rutinitas dalam sebuah kantor termasuk didalamnya adalah Arsip Surat (aplikasi pengelolaan surat masuk dan surat keluar), dan juga pengelolaan dokumen penting lainnya yang selalu siap untuk diakses

Informasi Data Bencana

Informasi Data Bencana adalah kumpulan informasi kejadian bencana yang terjadi berdasarkan urutan kejadian dan kategori bencana. Dengan sistem ini akan mudah dalam membuat laporan dan statistik

Aplikasi E-Bendahara

Aplikasi E-Bendahara adalah sebuah aplikasi yang akan memudahkan tugas seorang bendahara dalam mengelola kegiatan dan serapan anggaran berdasarkan pagu yang telah ditetapkan

SISTEM AKADEMIK

Sistem informasi akademik adalah suatu sistem yang dibuat dan disediakan untuk memenuhi kebutuhan pertukaran data antara Kampus dengan Civitas Akademik maupun Kampus dengan PD DIKTI (Pangkalan Data Pendidikan Tinggi).

TRACER STUDY

Pengisian tracer study dengan pertanyaan yang banyak dan dengan format yang baru menuntut bagi admin untuk membuat kuisioner. Tentunya tidak hanya itu saja, perlu menyiapkan data alumni. Bagaimana cara menangani dengan praktis?